a. Sifat persaingan yang dihadapi.
b. Sifat penjualan produk perusahaan.
c. Sifat proses produksinya.
d. Tingkat pemanfaatan kapasitas yang ada.
Ciri - ciri industri serta persaingan diatas akan sangat berpengaruh terhadap :
a. Pemilihan segmen pasar dan jenis pembeli yang menjadi sasaran pemasaran hasil produksi.
b. Kebijakan tentang mutu produk,, harga serta pelayanan pada pembeli.
c. Pilihan kebijaksanaan product-mix
d. Pemeliharaan kondisi mesin sehingga selalu siap berproduksi sepanjang tahun.
e. Program – program penelitian dan pengembangan yang diperlukan untuk memelihara kemampuan bersaing.
Kondisi serta batasan diatas pada gilirannya akan berpengaruh pada anggaran sebagai suatu sistem, khususnya yang bersangkutan dengan isi atau materi anggaran mekanisme cara penyusunannya, penyediaan dana yang diperlukan, serta fleksibilitas yang dimiliki oleh anggaran ini sebagai alat manajemen.
Dari berbagai penjelasan pada bab ini, maka dapat ditarik kesimpulan :
ü Anggaran tidak selalu mengambil jangka waktu tahunan, hal itu tergantung pada derajat ketidakpastian yang dihadapi perusahaan.
ü Manfaat maksimal yang dapat diperoleh dari anggaran sebagai alat manajemen ternyata membutuhkan persyaratan yang berat yang tidak selalu dapat dipenuhi oleh setiap perusahaan.
ü Pemilihan prosedur anggaran fixed aupun continuous ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh ketetapan informasi yang dapat diperoleh, tetapi juga oleh cara – cara penjualan yang dipergunakan.
0 komentar:
Posting Komentar