Seorang bussines manager tentu saja dapat menyusun rencana untuk kegiatan perusahaannya. Tetapi seorang bussines tidak dapat mengatur beberapa faktor yang mempengaruhi segala perencanaan yang dilakukannya. Faktor-faktor tersebut adalah :
a. Produk, harus memperhatikan hal – hal yang berhubungan dengan barang/jasa yang dihasilkan seperti : trend penjualan, harga produk, desain produk, style produk dan lain-lain.
b. Pasar, hal – hal yang harus diperhatikan antara lain : data tentang konsumen, potensi pasar, kebiasaan membeli dari konsumen dan sifat persaingan yang dihadapi.
c. Program distribusi, seperti : memilih dan melatih para salesman, memilih media promosi dan advertensia, menentukan kebijakan harga dan lain-lain.
d. Program produksi, antara lain : bahan mentah dan bahan pembantu, buruh, lokasi pabrik, kapasitas pabrik, proses produksi.
e. Program Penelitian dan Perkembangan, yang meliputi : besarnya biaya yang diperlukan untuk program penelitian dan pengembangan, manfaat yang akan dipengaruhi dari program tersebut.
f. Organisasi, hal yang perlu diperhatikan antara lain : organization chart, penempatan individu yang tepat pada jabatannya, dan koordinasi antara berbagai fungsi dalam organisasi.
g. Finansial, misalnya : sumber modal kerja, return yang dikehendaki dari investasi, dan tingkat perputran yang dikehendaki.
0 komentar:
Posting Komentar